Ternyata Facebook Berpengaruh Terhadap Emosi Seseorang

© AFP PHOTO/JONATHAN NACKSTRAND
HOTMAGZ-Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa Facebook dapat memengaruhi emosional seseorang. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa pengaruhnya status-status dalam akun Facebook terhadap emosional seseorang.

Ternyata emosi seseorang pemilik akun Facebook dapat menular ke pemilik akun Facebook lainnya, seperti yang terlansir pada msn.com. Contohnya seperti saat mood semua orang di kantor sedang baik, maka secara tidak disadari suasana hati Anda juga akan membaik.

Untuk mengetahuinya, seorang peneliti lebih banyak menampilkan status yang positif dibandingkan status negatif, terbukti bahwa si pemilik Akun Facebook akan terbawa untuk menuliskan status yang positif pula. Jika yang dilakukan hal sebaliknya, maka ia juga akan cenderung menuliskan status negatif.

Penelitian ini dilakukan para peneliti dari University of California dan Cornell University di Amerika Serikat. Dana yang digunakan untuk penelitian ini, dibiayai oleh Facebook sendiri. Untuk melakukan penelitian ini para peneliti melibatkan sekitar 689.003 akun Facebook dan newsfeed mereka diamati selama satu minggu selama Januari tahun 2012. 

Hasil penelitian ini menunjukkan penularan emosi yang diungkapkan oleh teman-teman melalui jejaring sosial online dapat memengaruhi suasana hati kita. Perlu diingat bahwa jejaring sosial bisa menjadi pengalaman positif dan menarik bagi sebagian orang, namun itu tidak selamanya berlaku. Berhubungan dengan orang lain di dunia nyata lebih signifikan dampaknya untuk meningkatkan kesejahteraan kita.
Advertisement