Jalan raya yang bisa bikin ngantuk

 
Eyre Highway. ©2014 Merdeka.com/flickr.com/7212267
HOTMAGZ - Jalan ini bernama Eyre Highway, jalan yang menghubungkan Australia barat dan selatan melalui Nullarbor. Jalan ini merupakan jalan lurus tanpa tingkungan sekalipun ditmabah lagi hanya ada pemandangan batu saja sebab disekitar jalan ini tidak ada pohon sama sekali.
Tidak hanya itu jalan ini membentang sejauh 1675 Km dari Port Augusta di timur ke Norseman dibarat. Karena jalan ini terlihat kosong karena tidak ditumbuhi pepohonan dan hanya batu saja maka jalan ini disebut sebagai jalan kesepian.


Walaupun demikian jika anda dari timur anda masih dapat melihat beberapa kota yaitu Kimba, Wudinna dan cenduna. Namun dibagian barat hampir tidak ada tanda-tanda kehidupan. Meskipun begitu para pengendara tidak perlu takut karena di sekitar 200-300 KM terdapat beberapa rumah yang menawarkan kebutuhan dasar seperti Bensin, Makanan, Minuman, serta penginapan dan bengkel.

Namun layanan ini tidak buka selama 24 jam dan karena daerah ini jauh dari pemukiman jalan ini sering dijadikan landasan darurat untuk Royal Flying Doctor Service. Kawasan ini memiliki landasan pacu yang sudah ditandai dijalan, dan di bagian ujungnya sering digunakan untuk jalur putar balik pesaat kecil.



Jalan ini dibangun mulai tahun 1941 dan selesai dalam 6 bulan kemudian. Di jalan ini anda dapat menemukan pagar Dingo yang diklaim sebagai pagar terpanjang didunia, yang digunakan untuk jalur berlari pendek. Selain itu ada tempat-tempat menarik di Eyre Highway seperti Newman, Afghan Rocks dekar Ballodonia, Eyre Bird Observatory, Gua Cocklebiddy dan Madora Pass. (Merdeka)
Advertisement