Pulau Kepiting Di Australia

 
Migrasi kepiting merah Pulau Natal. ©2014 Merdeka.com/anims.viralnova.com
HOTMAGZ - Salah satu pulau yang berada di Australia yang diberinama Christmas Island ini ditemukan pada 25 Desember karena itu diberi nama Christmas. Ada sesuatu yang unik dari pulau ini karena setiap satuh tahun seklai pulau ini akan dipenuhi oleh ribuan kepiting merah.

Pulau yang bermayoritas keturunan Tionghua ini menjadi sebuah fenomena alam yang sangat langka yaitu migrasi besar-besaran kepiting merah. Diungkap oleh situs Christmas Island Crabs, setiap tahun khususnya awal musim hujan dan pantai Pulau Natal akan penuh dengan kepiting merah. Kepiting-kepiting tersebut bergerak dari hutan menuju pantai untuk berkembang biak dan bertelur. Migrasi tersebut biasanya terjadi pada bulan Oktober tau November, namun perikiraan tahun ini akan terjadi pada 18 Desember.

Photo by anims.viralnova.com

Photo by www.mirror.co.uk
Kepiting yang ada dipulau ini termasuk dalam jenis kepiting merah Pulau Natal (Gecarcoidea natalis). Di katakan pada situs resmi Christmas Island Tourism Association, kepiting merah merupaka omnivora alias pemakan segalanya tetapi kadang-kadang mereka juga menunjukan prilaku kanibalisme.

Photo by www.environment.gov.au
Kepiting ini beraktifitas pada siang hari oleh karena itu sering menggangu aktifitas manusia ditambah lagi mereka harus melewati jalan raya yang dapat menyebabkan ban kendaraan menjadi bocor.
Photo by www.abc.net.au
Akibatnya para pengelola taman nasional yang menjaga habitat para kepiting ini sampai membuat pengaturan lalu lintas setiap kali migrasi.
Para rangers daerah setempat memasang 'pagar kepiting' di sepanjang jalur migrasi untuk mencegah terjadinya kecelakaan. (Merdeka)
Advertisement