Dicangkok Korena Babi, Bocah Tunanetra Bisa Melihat Lagi

Hotmagz – Remaja pria berumur 14 tahun dari Tiongkok ini patut bersyukur lantaran bisa melihat lagi setelah menjalani proses cangkok kornea dari seekor babi. Transplantasi kornea yang tak lazim tersebut dilakukan oleh tim dokter Universitas Sun Yat-sen, Kota Guangzhou.
Dilansir dari Shanghaiist, Senin (14/3), remaja yang tak diketahui namanya itu kehilangan penglihatan mulanya lantaran luka terkena kembang api. Insiden tersebut membuatnya terancam buta permanen.
Tim dokter dari Provinsi Jiangxi, remaja ini kemudian dirujuk ke Universitas Sun Yat-sen. Yang jadi masalah yaitu stok donor kornea mata di China tidak mencukupi kebutuhan para penderita kebutaan. Maka dari itu penggunaan kornea babi ini digagas pertama kalinya pada operasi mata di China.
Eksperimen ini melibatkan para ahli dari salah satu kampus terbaik Tiongkok ini yang kemudian memutuskan memakai kornea babi. Alasannya, kornea babi secara struktur sangat mirip dengan korna milik manusia.
Yuan Jin, salah satu pakar operasi mata dari kampus Sun Yat-sen, menyatakan ketersediaan kornea untuk transplantasi mata di seantero Tiongkok hanya mampu mencukupi sepertiga penderita kebutaan. “Bila metode alternatif menggunakan kornea seekor babi mampu teruji ampuh, maka jutaan penderitaan kebutaan ataupun katarak di China bisa disembuhkan,” ucapnya.
Kondisi remaja yang memperoleh transplantasi dari organ babi itu dilaporkan membaik sepekan terakhir. Dia diprediksi bisa kembali melihat normal dengan perawatan rutin. Saat membuka matanya, dia dilaporkan sukses memperoleh kembali kemampuan melihat dalam skala 20/200.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *