Ditemukan! Ini Dia Batu Akik Tertua di Dunia

Sebongkah batu permata tertua yang pernah ada didunia diketemukan terkubur, di suatu tempat berbatu di Australia. Batu permata type kristal zircon berwana biru muda itu, diprediksikan berumur 4, 4 miliar tahun. Mengagumkan! 
Seperti dikutip dari liputan6. com, Kristal zircon memiliki ukuran kecil itu diketemukan pada th. 2001 silam, di suatu bukit bebatuan di lokasi Jack Hills, Australia. Tempatnya seputar 800 km dari Perth. Hasil riset pada kristal nan cantik itu baru diumumkan oleh tim peneliti pada Minggu 23 Februari 2014. 
“Zircon mungkin memiliki ukuran besar serta sangatlah cantik. Namun yang kami cermat memiliki ukuran kecil, condong tak menarik. Terkecuali untuk beberapa pakar geologi. Bila memegangnya di telapak tangan, Anda mesti mempunyai pandangan yang baik. Terlebih untuk dapat melihatnya tanpa ada kaca pembesar, ” ungkap Professor Valley, seperti ditulis dari BBC edisi 25 Februari 2014. 
Penemuan itu juga bikin beberapa peneliti di Amerika Serikat berupaya mencari tahu usianya. Lantas mereka memakai 2 tehnik tidak sama untuk mencari tahu umur batu permata cantik itu. 
Beberapa peneliti menyampaikan, temuan itu memberikan indikasi bahwa susunan permukaan bumi terbentuk selekasnya sesudah planet ini terbentuk. Batu permata kecil itu disangka adalah sisi dari sisa-sisa permukaan bumi yang pertama terbentuk itu. 
Juga sebagai bayangan tentang umur batu permata itu, dipandang dari saat terbentuknya bumi, yaitu seputar 4, 5 miliar th. lantas dari suatu bola batu cair. Itu bermakna, susunan permukaan bumi baru terbentuk kemudian atau seputar 100 juta th. lalu. 
Umur kristal itu juga tunjukkan bahwa susunan permukaan bumi, dimana ada kristal itu di dalamnya, baru nampak seputar 160 juta th. sesudah terbentuknya tata surya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang batu akik urutan yg tertua. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *