Ditemukannya Peninggalan-Peninggalan Dari Raja Thutmosis III

Posted on
Raja Thutmosis III (Sumber: U3avalldelpop.com)
HOTMAGZ– Sebuah kuil yang diperkirakan sudah berusia sekitar 3.400 tahun ditemukan oleh sekelompok pemuda di Kairo bagian selatan, Mesir. Kuil yang baru diketahui hari rabu kemarin ini diduga peninggalan dari Raja Thutmosis III.

Seperti yang dilansir Al Arabiya, benda-benda yang juga berada disana adalah tujuh buah tablet, beberapa kolom yang terbuat dari batu garnit yang berwarna pink dan ada patung juga yang berbahan dasar granit.

Menurut Menteri Bidang Kepurbakalaan Mesir, Mamdouh al-Damaty, penemuan-penemuan ini ditemukan oleh tujuh orang pria yang sedang melakukan penggalian secara ilegal di Al-Badrashin, sejauh 40 km dari Kairo. Dengan menggunakan peralatan selam mereka mengitari kuil yang terletak didalam air tanah itu dengan kedalaman sejauh 9 m hasil dari yang mereka gali.

Pengalian ilegal dan penyelundupan benda-benda kuno di Mesir memang banyak terjadi. Dan aksi seperti ini juga kerap meningkat setelah 2011 lalu, sejak tergulingnya Presiden Husni Mubarak.

Sementara, sekelompok pria yang diketahui melakukan penggalian ilegal ini ditahan polisi. Tapi karena wilayah ini belum termasuk sebagai peninggalan nasional, ketujuh pria tersebut terpaksa harus dibebaskan.

“Kami akan memulai proyek penggalian di wilayah itu untuk menemukan peningalan-peningalan lain,” tutur Damaty.  (Dream)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *