Enam Gejala Awal Kanker yang Kadang Disepelekan

sumber : cancer_homepage


Hotmagz – Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh manusia karena tingkat kematiannya tinggi. Kanker tidak memandang jenis kelamin, usia, kaya atau miskin, karena semua orang memiliki risiko terkena kanker. Pada beberapa jenis kanker, gejala awalnya tidak selalu dapat terdeteksi karena terlihat seperti hal yang sepele. Oleh karena itu penderita kanker biasanya baru mengetahui terkena kanker setelah stadiumnya sudah lanjut dan mungkin sel kankernya sudah menyebar. Dan pada saat itu pengobatan pun sudah tidak terlalu efektif lagi. 
Alangkah lebih baik jika Anda dapat berhati-hati sejak awal, dan lebih mengetahui gejala-gejala awal kanker seperti berikut ini :
1. Munculnya Benjolan
Benjolan yang timbul pada awalnya biasanya masih kecil, dan sering diabaikan begitu saja karena dianggap sebagai masalah sepele. Tapi ternyata para ahli mengatakan bahwa 675 penderita kanker di Inggris awalnya berasal dari munculnya benjolan di tubuhnya. Benjolan ini dapat timbul di bawah kulit atau di organ tubuh bagian dalam. Jadi jika Anda merasa ada benjolan yang tidak biasa di tubuh Anda, sebaiknya cepat periksakan diri ke dokter.
2. Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh
Anda perlu berhati-hati jika mengalami batuk atau flu yang tidak kunjung sembuh karena ini bisa saja pertanda awal dari kanker paru-paru.
3. Kebiasaan BAB yang Tidak Wajar
Kanker juga bisa ditandai dengan kebiasaan BAB yang tidak wajar atau berubah dari biasanya, misalnya BAB mencret terus menerus, atau BAB berbentuk bulat-bulat seperti kotoran kambing. BAB seperti ini bisa terjadi pada gejala awal kanker usus.
4. Infeksi Saluran Kandung Kemih
Infeksi saluran kandung kemih dapat menjadi tanda awal kanker ovarium atau kanker mulut rahim. 
5. Rasa Nyeri di Seluruh Tubuh
Gejala awal yang paling sering dialami penderita kanker adalah nyeri yang terasa di seluruh tubuh.  Apabila rasa nyeri atau pegal-pegal itu berlebihan, bisa jadi itu adalah gejala awal penyakit kanker. 
6. Berat Badan Turun Drastis
Jika berat badan Anda turun drastis tanpa diet, berhati-hatilah karena mungkin disebabkan karena kanker atau penyakit kronis lainnya. 
Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami satu atau lebih dari gejala-gejala ini. 
sumber : liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *