Inilah 4 Modus Penipuan Secara Online paling Populer di Dunia

Hotmagz – Semakin besarnya pengguna internet di seluruh dunia juga tentu akan memicu beragam modus penipuan yang diperbuat oknum tidak bertanggungjawab. Dari mulai menebarkan virus, bikin website palsu, atau jebakan lain yang membuat kita harus semakin waspada.
Tetapi dari demikian banyak trik penipuan, Microsoft lewat National Cyber Security Awareness Month (NCSAM) menyimpulkan bahwa ada 4 modus penipuan on-line yang seringkali dikerjakan. Laporan itu di buat berdasar pada hasil survey pemakai internet di sebagian negara. 
Tidak dijelaskan berapakah jumlah koresponden yang mengikutinya, tetapi Microsoft mengklaim telah cukup mewakili beragam ancaman yang ada di internet. 
1. Modus : Selamat, Anda Menang Lotre! 
Pemakai internet mungkin saja telah tak asing dengan modus penipuan itu, disini calon korban bakal dimingi-imingi duit benilai besar juga sebagai hadiah lotre. Ya, walau tidak pernah terasa telah ikuti lotre, tetapi sangat banyak korban yang tertipu. 
Tetapi alih-alih memperoleh duit yang di idamkan, korban malah umumnya disuruhi isi data diri pada form spesial. Namun ada pula yang jadi dibawa berkeliling menuju website yg tidak jelas . Hasil penelitian Microsoft mengatakan bahwa penipuan type itu pernah dihadapi 44% koresponden mereka.
2. Antivirus Palsu 
Penyebaran antivirus palsu memanglah semakin menjadi-jadi. Pelaku umumnya menakuti-nakuti korban dengan mengatakan bahwa komputernya terinfeksi virus beresiko, ia juga sok jadi pahlawan dengan tawarkan pertolongan pembersihan. 
Tidak disangka, pelaku yang seakan-akan jadi dewa penolong ini malah bakal memasukkan virus ke computer korban, atau menawarkan program antivirus palsu yang bernilai miring. 
Modus seperti itu memanglah telah lama beredar, karena sangat lamanya sudah ada pelaku yang sukses diringkus. Wanita itu juga diganjar dengan sampai denda Rp 1, 5 Triliun. 
Hasil penelitian Microsoft mengatakan bahwa penipuan type itu kuasai 40% dari hasil survey yang dikerjakan. 
3. E-mail Jebakan 
Kadang-kadang ada e-mail yang mengaku-ngaku dari lembaga atau perusahaan tertentu. Namun awas mungkin saja ini merupakan satu diantara modus penipuan bila e-mail itu memiliki kandungan link yg tidak jelas arahnya. 
Terdengar aneh memanglah, tetapi modus penipuan seperti ini nyatanya pernah dihadapi 39% koresponden yang ikuti survey Microsoft. 
4. Pangeran serta Putri Penipu 
Pernah terima e-mail dari seorang yang mengakui juga sebagai pangeran atau putri dari negara tertentu? Bila iya, nyaris di pastikan bahwa ini merupakan satu diantara type penipuan yang paling popular. 
Pelaku yang mengakui pangeran atau putri ini umumnya meminta pertolongan pada korban, umumnya berupa donasi dengan kirim beberapa duit ke rekening yang telah ditetapkan. 
Hasil penelitian Microsoft mengatakan bahwa penipuan dengan modus seperti ini menguasai 39% dari hasil survey yang dikerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *