Melihat keindahan Pagoda Watugong, Semarang

Pagoda Avalokitesvara Watugong, Semarang. ©2014 Merdeka.com/Tantri Setyorini
HOTMAGZ – Sebuah tempat wisata religi yang sangat terkenal di semarang, ya apalagi kalo bukan pagoda Avalokitesvara Watugong.

Pagoda ini biasa juga disebut dengan Pagoda Watugong, dan pagoda ini juga mendapat rekor MURI karena sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda ini terdiri dari lantai yang tingginya 45 meter, dan lokasinya berada di Jalan Pandanaran No.126 kota Semarang.

Pagoda ini memiliki design China kuno ini terlihat dari dominasi warna merah dan ukir-ukiran naga, kura-kura, dan juga burung hong. Sekilas pagoda ini mirip dengan pagoda yang ada di China yaitu pagoda Shuikou.Yang membedakan pagoda ini adalah karena memiliki rupang (patung) Dewi Kwan Im yang menghadap ke empat penjuru mata angin yang menyimbolkan bahwa cinta kasih sang dewi yang menyebar ke seluruh bumi. Patung ini dipercaya dapat memeberikan berkat kepada siapapun yang memujanya.

Rupang Dewi Kwan Im yang membawa anak perempuan dipercaya dapat membuat seorang tersebut mendapatkan anak perempuan, dan Rupang Dewi Kwan Im yang membawa anak laki-laki akan membuat seorang tersebut memperoleh anak laki-laki, Namun jika Rupang Dewi Kwan Im yang membawa bunga dan teratai dipercaya dapat membuat enteng jodoh.

Di dekat area pintu masuk terdapat Rupang Buddha emas yang duduk bersila di bawah pohon yang menggambarkan seperti Siddharta Gautama yang mendapat pencerahan di bawah pohon Bodhi.
Sedangkan di tingkat ketujuh terdapat patung Amitaba.

Selain menjadi tempat beribadah, pagoda ini pun sering dijadikan tempat berlibur dan juga sering dikunjungi masyarakat setempat yang hanya ingin menikmati keindahan dari pagoda tersebut. Didalamnya juga terdapat 2 buah gazebo teduh yang dimanfaatkan para wisatawan untuk beristirahat.

Untuk masuk ke pagoda inipun tidak di pungut biaya namun mereka yang masuk biasanya melebihkan uang parkir sebagai bentuk sumbangan sukarela. (Merdeka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *