Seperti di Indonesia Kasus Perkalian 5×3 atau 3×5 Hebohkan Amerika

Posted on


Hotmagz – Pada Setember 2014 silam, jagad dunia maya dihebohkan oleh kasus operasi perkalian dari 4×6 atau 6×4 yang dialami salah seorang murid Sekolah Dasar (SD) di Semarang bernama Habibi. Hal ini menjadi heboh sejak sang kakak yang bernama Erfas Maulana yang merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro mengungkap kasus ini di sosial media melalui Twitter. 
Peristiwa ini sampai mengundang fisikawan Yohanes Surya, Bos LAPAN Thomas Djamaluddin, dan juga profesor Matematika Institut Teknologi Bandung Iwan Pranoto ikutan memberi komentar. 
Nampaknya insiden yang mirip juga terjadi di negara Amerika Serikat. Ada dua soal siswa kelas 3 (SD) yang jadi perdebatan seru yaitu penjabaran perkalian 5×3 dan susunan perkalian 4×6.  Lewat situs berbagi gambar Imgur, lembar jawaban siswa itu kemudian diunggah oleh akun bernama Cloakenn pada Rabu (21/10). Sampai sekarang postingan tersebut sudah dilihat sebanyak lebih dari 3 juta kali.
Beragam komentar dan pendapat berdatangan. Seperti akun AlbrechtEh yang berpendapat,”Si anak lebih tepat. 5×3 artinya 5 diulangi 3 kali, bukan 3 diulangi 5 kali, meskipun hasilnya sama.”
Tapi ada juga yang membela, contohnya akun PatriciaCisneros yang menulis komentar, “Aku bukan guru tapi aku bilang dia memang benar. Lima dikali tiga, (berarti) 5 kali dari angka 3!”
Lewat sosmed Twitter, akun @fnoschese menyayangkan keluhan dari unggahan lembar jawaban di Imgur tersebut. Frank Noschese mengunggah ulang foto tersebut dengan menyertakan caption “Pada akhirnya, keluhan ini ujung-ujungnya mengarah ke nilai siswa, bukan tentang mengajar/belajar matematika. Lihat saja judulnya.”
Lantas bagaimana menurut pendapat sobat atas peristiwa ini, mana yang benar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *