Sinagoge Pertama Zaman Yesus Telah Di Temukan

 

sinagoge di zaman Yesus di Israel. ©dpa-international.com

HOTMAGZ – Ada yang berkata bahwa ini hanya kebetulan. Namun bagi Pendeta Eamon Kelly di Israel, temuan sinagoge di zaman Yesus biasa berkhotbah adalah sebuah pertanda.

Ketika organisasi katoliknya yaitu Legiun Yesus, membawa sekeping tanah dari wilayah barat laut Galilee tidak ada yang tahu apa yang kemudian mereka temukan.

Ketika berpikir tentang Yesus biasanya orang langsung tertuju pada Betlehem atau Yerusalem, Jelas Kelly. Tapi sebenarnya Yesus hampir menghabiskan seluruh hidupnya yang kini berada di sebelah utara Israel.

Koran The Times of Israel melansirkan, Senin (22/12), “delapan puluh persen hidup Yesus ada di Galilee.” Jelas pendeta asal Irlandia tersebut.

Pernyataan itu ia buat berdasarkan temuan di reruntuhsn Kota kuno Magdala, nama tersebut diambil dari pengikut Yesus yang paling dekat, Maria Magdalena.

Saat para arkelog dan relawan menggali di daerah tersebut , mereka menemukan sinagoge dari abad pertama Masehi, yang merupakan satu dari tujuh sinagoge di Israel dan di seluruh dunia. “Ini merupakan sinagoge pertama tempat Yesus sering berkhotbah yang di temukan di Israel.” Jelasnya. Temuan ini sangat penting bagi umat Yahudi dan Kristen.

Sejumlah ahli mengatakan kemungkinan besar Yesus sering berkhotbah di sebuah sinagoge yang baru ditemukan itu. Bentuk sinagoge yang sederhana itu kemudian direnovasi menjadi bangunan yang lebih baik pada tahun 40 Masehi. (Merdeka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *