Unik, Bayi Ini Hidup Dengan Jantung Dari Organ Sapi

Noa Gwilym Pritchard. ©Mirror
Hotmagz – Seorang bayi lelaki di Liverpool, Inggris, yang bernama Noa Gwilym Pritchard dilahirkan dengan kelainan fungsi jantung. Akibatnya tim dokter di Rumah Sakit Alder Hey harus segera mengambil tindakan medis yang cukup rumit agar bisa menyelamatkannya.
Sepanjang delapan bulan Noa harus berjuang melawan penyakit langka yang disebut Sindrom Holt-Oram, penyakit ini memeiliki rasio jumlah penderita satu berbanding 100 ribu di seluruh dunia. 
Walaupun demikian, saat ini Noa sudah bisa hidup bahagia lantaran tim dokter sudah sukses menggunakan organ sapi untuk memperbaiki fungsi jantung bayi tersebut.
“Jantung Noa sekarang bisa dikatakan mendekati sempurna, operasi kami sukses dengan menggabungkan organ manusia dan sapi,” kata tim dokter di Rumah Sakit Ibu dan Anak Alder Hey di Liverpool, dikutip dari Mirror, Kamis (29/10).
Elen Pritchard yang merupakan ibu dari Noa mentgatakan dia sangat gembira karena Noa kini berkembang pesat dan normal.
“Pada awalnya sindrom tersebut menjadikan Noa telat dalam pertumbuhan, karena sindrom langka ini menyerang sistem tulang, dan juga jantung,” terang sang ibu. 
Tim dokter memilih organ jantung sapi detailnya menggunakan katup jantung lantaran memiliki fungsi yang mirip dengan organ jantung manusia. 
“Saat ini Noa bertumbuh seperti anak kebanyakan seusianya, dia sangat aktif dengan lingkungan sekitar, dengan binatang dan alam, burung, kucing, pohon, dan saya sangat berterima kasih atas semua dukungan kalian selama ini,” Imbuh Elen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *