Alasan mengapa minuman bersoda dapat membahayakan ginjal

Posted on

Alasan mengapa minuman bersoda dapat membahayakan ginjal. Minuman bersoda sudah terbukti memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh. Ada banyak sebab mengapa jenis minuman ringan tersebut bukanlah pilihan terbaik bagi Anda. Dikatakan, selain menjadi pemicu obesitas, jenis minuman soda juga dapat menyebabkan kanker.

bersoda

Bagi Anda penggemar minuman soda, berikut ini adalah salah satu alasan mengapa soda patut ditinggalkan, sebab ia ternyata juga membahayakan bagi ginjal. Mengapa? Boldsky melansirnya untuk Anda.

  • Kandungan asam fosfat. Minuman berkarbonasi pada umumnya memiliki kandungan asam fosfat yang cukup tinggi. Ini buruk bagi ginjal, sebab bisa menimbulkan terbentuknya batu ginjal. Asam fosfat akan mengikat jenis mineral lain seperti kalsium dan mengendapkannya di ginjal.
  • Sodium. Sodium pun ada dalam minuman bersoda. Bahaya sodium yang berlebih adalah memicu kerusakan ginjal, dan penyakit komplikasi lain seperti jantung, tekanan darah tinggi, serta stroke.
  • Pemanis buatan. Minuman bersoda menggunakan pemanis buatan, yang kurang baik bagi kesehatan ginjal, juga kesehatan tubuh.
  • Kafein. Terdapat juga kandungan kafein dalam soda, yang akibatnya akan menaikkan tekanan darah. Ini juga bukan hal yang menyehatkan bagi ginjal.
  • Sirup tinggi fruktosa. Fruktosa yang terkandung dalam soda mempunyai kandungan kalori tinggi. Ini juga tak sehat bagi ginjal dan tekanan darah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.