Hacker Lulusan SMP Berhasil Bobol Ribuan Situs Belanja Online

Posted on

Hacker


Hotmagz.com – Seorang hacker muda dengan kelompok peretasnya berhasil membobol 4600 situs belanja online. Pimpinan hacker tersebut bernama Haikal berusia 19 tahun berhasil membobol situs besar yaitu situs jual beli tiket online yaitu Tiket.com tepatnya server Citilink. Haikal sendiri adalah remaja lulusan SMP dan kelompokya berangotakan tiga orang yang terdiri dari MKU (19 th), AI (20 th) yang merupakan lulusan SMA dan NTM yang berusia 27 tahun yang sempat menempuh bangku perkuliahan tetapi tidak diselesaikan. Kelompok ini bertemu pertama kali pada 2016 lewat social media yaitu facebook, karena memiliki latar belakang dan kegemarannya yang sama yaitu game online. Mereka bermain game online juga untuk mendapatkan uang. Cara kerja kelompok hacker ini adalah dengan menawarkan penjualan tiket lewat media sosial terkenal yaitu Facebook.

Haikal menggunakan akun Hairul Joe di Facebook untuk aksinya. Sedangkan anggotanya berinisial MKU yang memiliki username dan password untuk masuk lebih dalam ke server milik Citilink, dengan cara meretas situs Tiket.com bersama dengan rekan setimnya yaitu SH, sedangkan AI yang memiliki tugas untuk penginputan data pada permintaan tiket pesawat Citilink yang berasal dari pembeli, ke dalam aplikasi pembelian tiket online milik Citilink yang sudah dibuka akunnya oleh MKU. Setelah kode booking dari tiket pesawat tersebut telah didapatkan, maka kode booking tersebut akan dikirimkan ke pihak pembeli. Anggota lain yang berinisial NTM yang akan menjadi orang yang mencari pembeli tiket pesawat dari Citilink tersebut lewat akun Facebook bernama Nokeyz Dhosite Kashir, setelah didapatkan pembeli, kemudian data orderan pembeli akan dikirimkan oleh NTM ke AI, kemudian AI yang akan melakukan penginputan data pembeli ke aplikasi jual beli tiket online milik Citilink tersebut lalu dia akan mengirimkan kode booking tiket pesawat yang telah didapat tersebut ke pihak pembeli.

Aksi peretasan SH tersebut dilakukan di sebuah tempat di Jakarta, SH yang pertama kali berhasil meretas situs Tiket.com, kemudian akun dan passwordnya situs pemesanan tiket online milik Tiket.com nya Haikal serahkan ke tangan MKU. Jadi yang bertugas membuka pertama kali adalah Haikal ketika berhasil maka teman-temannya yang lain yang akan meneruskan kerja dari sang pemimpinnya. Polisi berhasil meringkus ketiga orang kommplotan tersebut di Jalan Siaga Dalam tepatnya gang Kemuning nomor 12, Kelurahan Damai, Balikpapan, Kalimanta Timur. Kelompok tersebut bergasil ditangkap pada Selasa tanggal 28 Maret 2017. Dari kelompok Hacker tersebut diperkirakan kerugian yang diderita Tiket.com (PT. Global Network) sebesar Rp 4,1 miliar sedangkan Citilink memperoleh kerugian sebesar Rp 2 miliar. Jumlah yang sangat besar mengingat orang yang melakukan hanya lulusan SMP tetapi memang lihai dalam meretas. Pihak pengelola Tiket.com melaporkan adanya pembobolan situsnya kepada Bareskrim Polri pada tanggal 11 November 2016 sedangkan pelaku melakukan aksinya yaitu peretasan ke dalam akun situs jual beli tiket online lewat tiket.com ke server PT Citilink Indonesia pada tanggal 11 hingga 27 Oktober 2017.

Dari keterangan yang didapatkan oleh tersangka dan dari hasil penyelidikan yang ada, SH dalam aksinya menggunakan teknik deface, yaitu merubah tampilan gambar dari sebuah situs dengan gambar-gambar tertentu, tak ayal sejak tahun 2016, dirinya berhasil membobol 1500 situs. Dan hal itu mereupakan prestasi yang luar biasa, terakhir sesuai penelusuran dirinya membajak situs dari ojek online. Sama seperti Haikal ketiga temannya juga belajar meretas secara otodidak. Selain Tiket.com dan Ojek online kelompok tersebut juga pernah membobol situs milik Polri, pemerintah pusat dan daerah hingga beberapa situs di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.