Rivalitas Abadi Messi Vs Ronaldo

Posted on

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dua pemain sepakbola terbaik dunia yang tak henti-hentinya dibicarakan dan diperbincangkan. Keduanya merupakan pesepakbola yang mempunyai skill atau kemampuan diatas rata-rata. Bahkan ada beberapa pihak yang menyebut mereka merupakan pesepakbola yang datang dari luar angkasa. Tak pelak, persaingan di antara kedua pemain tersebut selalu menyeruak dan menjadi santapan para penggemar sepakbola di seluruh dunia.

Sejarah Singkat

Lionel Messi yang bernama panjang Lionel Andres Messi lahir di Rosario, Argentina pada tanggal  24 Juni 1987. Messi mengawali karir professionalnya di Klub asal Spanyol, yaitu Barcelona, yang hingga kini menjadi klub tempatnya bernaung. Messi merupakan pemain yang berposisi sebagai penyerang.

Di sisi lain, Cristiano Ronaldo lahir di Madeira, Portugal pada tanggal 5 Februari 1985. Pemain yang bisa ditempatkan sebagai pemain sayap maupun penyerang ini mengawali karir profesionalnya di Sporting Lisboa kemudian menjajaki Liga Inggris bersama Manchester United, untuk kemudian berabuh di Real Madrid, klub yang dibelanya hingga saat ini.


Awal Mula Persaingan

Persaingan di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mulai memanas dan seru ketika Ronaldo bergabung dengan Real Madrid, klub yang notabene merupakan seteru abadi dari Barcelona. Dimulai dari musim 2009/2010, Ronaldo yang saat itu berstatus sebagai pendatang baru tampil dengan ciptaan golnya di angka 33 dari semua kompetisi, sedangkan Messi dengan perkasa berhasil menorehkan 47 gol dari berbagai kompetisi yang diikutinya dan juga berhasil mempersembahkan beragam gelar bagi Barcelona termasuk gelar Pemain Terbaik Dunia atau kini sering disebut Balon d’Or. Saat itu Ronaldo tidak berhasil mempersembahkan gelar apapun bagi Real Madrid.

TIga musim berikutnya (2010-2011, 2011-2012, 2012-2013) persaingan keduanya makin memanas lagi. Messi di tiap musim tersebut selalu mengungguli Ronaldo dari jumlah torehan gol maupun jumlah piala yang berhasil dipersembahkan untuk Klub nya masing-masing. Bahkan Messi berhasil meraih Gelar Balon d’Or pada tiga musim tersebut, dimana Cristiano Ronaldo selalu membuntuti di posisi runner up. Hal ini menjadikan Lionel Messi menjadi pemain pertama di seluruh dunia yang berhasil merebut gelar Pemain Terbaik Dunia selama 4 tahun berturut-turut.

Di musim 2013-2014 ini, perjuangan Cristiano Ronaldo dalam persaingannya dengan Lionel Messi menuai hasil. Hingga tulisan ini dipublish, Ronaldo telah berhasil mengungguli Messi dari jumlah torehan gol dari berbagai kompetisi yang diikuti. Meskipun Messi dan Ronaldo telah mempersembahkan masing-masing 1 piala bagi klubnya masing-masing, nampaknya musim 2013-2014 ini terasa lebih indah bagi Ronaldo, karena akhirnya setelah penantian yang lama, ia berhasil meraih gelar Pemain Terbaik Dunia atau Balon d’Or.

Di level negara Ronaldo dan Messi memang belum pernah menyumbangkan gelar juara untuk negaranya pada level senior. Di tim nasional Argentina, Messi memenangi gelar juara Piala Dunia Junior 2005 dan pada 2008 menjuarai Olimpiade di Beijing. Bersama Tim Tango senior, Messi melakoni debutnya pada 17 Agustus 2005 saat berusia 18 tahun 54 hari.

Di tim nasional Portugal, Ronaldo melakukan debut saat menang 1-0 atas Kazakhstan, 20 Agustus 2003. Ronaldo tampil di Piala Eropa 2004 dengan mencetak dua gol di babak penyisihan grup dan semi final. Meski gagal membawa Portugal menjadi juara karena dikalahkan Yunani di final, Ronaldo tetap terpilih sebagai tim terbaik turnamen. Ronaldo juga tampil bersama Portugal di Olimpiade 2004. Baru-baru ini ronaldo juga berhasil meloloskan timnas portugal ke kancah piala dunia 2014.



Rivalitas Abadi

Di Piala Dunia 2014 ini dan musim-musim berikutnya, kisah dan aksi apalagi yang bakal disuguhkan dua pemain terbaik dunia tersebut? Kita tunggu saja. Persaingan dan rivalitas diantara keduanya merupakan fenomena dan tontonan tersendiri yang mengasyikkan bagi para penggemar sepakbola di seluruh dunia. Kisah dan aksi-aksi dari Messi dan Ronaldo akan terus menjadi sebuah atraksi yang menghibur bagi generasi sekarang dan generasi berikutnya dari para insan dan penggemar sepakbola di seluruh dunia.

Siapa yang terbaik menurut kamu? silahkan berkomentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.