Asal Usul Nama Gunung Slamet


HOTMAGZ- Gunung Slamet yang mencapai ketinggian 3.428 m dpl yang berada di Jawa Tengah mempunyai nama yang dikatakan cukup unik. Gunung ini memiliki nama yang baik dalam bahasa maupun dalam maknanya. Selamat yang diartikan dari kata Slamet. Karena namanya cenderung baru, maka Slamet hampir dipastikan bukan nama asli gunung tersebut. Mungkin anda bertanya - tanya apa nama aslinya? Ada dua versi yang masuk akal.

J. Noorduyn, seorang sejarawan Belanda menyebutkan bahwa nama asli gunung tersebut adalah Gunung Agung. Didasari oleh sebuah naskah bahasa Sunda tentang petualangan Bujangga Manik, seorang pengembara yang berkeliling Pulau Jawa. Bujangga Manik disebut juga Prabu Jaya Pakuan. Seorang resi Hindu dari Kerajaan Sunda. Banyak daerah yang disebutkan di naskah kuno ini termasuk gunung. Salah satunya adalah Gunung Agung yang menurut Noordyun pemaparan lokasi gunung Agung sama dengan lokasi Gunung Slamet saat ini.

Namun ada juga yang menyebutkan nama asli Gunung Slamet adalah Gora. Adapun tokoh yang mencetuskan nama tersebut adalah Syeh Maulana Malik Magribi seorang yang diserang penyakit kulit yang sulit disembuhkan. Kemudian ia pergi ke Gunung Gora dan menemukan sumber air panas dengan tujuh pancuran di lereng gunung yang saat ini berada di daerah Baturaden. Setiap hari dia mandi dengan air yang berasal dari Gunung Gora hingga akhirnya dia sembuh dari penyakitya. Dan nama Gunung Gora pun diubah namanya menjadi Gunung Slamet.
Nama Baturaden muncul pada saat Syeh Maulana memberi nama seorang pengawalnya mengikuti dia tinggal di Pancuran Tujuh dengan nama Rasuladi yang artinya pengawal yang setia atau Batur Adi. Dan dari kata Batur Adi yang kemudian berkembang menjadi Baturaden.

Sumber : http://terselubung.in/asal-nama-slamet-pada-gunung-slamet/
Advertisement