Ini Dia Ruslan Yusuf atau Ulcok sang Manusia Kalkulator dari Makassar

Hotmagz – Pria bernama Ruslan Yusuf yang berumur 26 tahun atau yang biasa dipanggil Ullang Cokmo (Ulcok) ini diberi gelar sebagai “kalkulator berjalan” dari Kota Makassar setiap hari keliling kota untuk mencari rezeki. Dirinya berjalan kaki memasuki kantor-kantor, warkop dan toko-toko memamerkan kepiawaiannya dalam berhitung.
Hal itulah yang dilakukan Ulcok, anak keempat dari seorang buruh bangunan itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan membantu orangtuanya.
“Saya tujuh bersaudara dan bapakku hanya tukang batu. Ya, setiap hari hanya keliling cari rezeki dengan berhitung. Dari pertanyaan hitungan yang saya jawab dengan benar, orang memberikan uang. Ya, kadang puluhan ribu bahkan biasa sampai ratusan ribu per harinya saya bisa dapat, Pak,” jelas Ulcok.
Ulcok juga berkisah tentang pernah suatu waktu pemilik toko parfum di dekat masjid Al Markaz Al Islami menantang dirinya untuk beradu cepat berhitung dengan kalkulator.
Pemilik toko parfum itu melontarkan pertanyaan perkalian, pembagian, penambahan dan pengurangan. Dua orang karyawannya menggunakan kalkulator untuk beradu cepat dengan Ulcok.
“Kalau soal hitungan dia bisa saya jawab dengan benar, saya akan diberi uang sampai ratusan ribu.
Secara bertubi-tubi soal hitungannya terlontar sampai puluhan, tapi saya bisa bisa jawab lebih cepat dari kalkulator. Jadi waktu itu saya dapat uang Rp 400.000,” terangnya.
Pada waktu berkeliling, ia kerap dicemooh oelh anak-anak sebagai orang idiot, gila dan lainnya. Namun cemoohan itu tak digubris oleh Ulcok.
Akan tetapi apabila orang dewasa yang mencemooh, Ulcok akan marah dan bahkan bisa mengamuk.
“Kalau anak-anak yang bilangi saya, kucueki ji, Pak. Tapi kalau orangtua mi, saya mengamuk. Saya kan tidak ganggu dia, kenapa dia bilang-bilangi saya. Ya, segala macam lah orang bilangi saya, ada yang bilang idiot, gila dan lainnya. Memang badan dan tampang ku begini, ya mirip-mirip lah seperti itu,” kata Ulcok seraya tertawa.

Ulcok tak penah sekolah
Apabila anda mencoba memberi soal penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian berturut-turut kepada Ruslan Yusuf. Meskipun tak menggunakan kalkulator, pria yang tidak lulus sekolah dasar ini bisa menjawabnya dengan cepat dan tepat.
Pemuda 25 tahun yang biasa dipanggil Ullang Commok atau Ulcok. Ia lahir di Kalukubodoa, Tallo, Makassar, 13 Juni 1990.
Ulcok tak pernah melanjutkan pendidikan sejak ia berhenti sekolah saat masih kelas III di SD Negeri Galangan Kapal, Tallo, pada 1998. Namun keterbatasan pendididikan itu bukan berarti menghalangi kemampuannya dalam berhitung.
Dikutip dari Tribun Timur Makassar, Selasa (16/2/2016) kemarin, redaksi Tribun Timur di Makassar “menguji” kemampuan penggemar batu akik tersebut.
Di hadapan doktor Matematika dari Universitas Negeri Makassar Dr Asdar dan seorang tentor program pendidikan JILC, Ulcok yang memakai kaus oblong, celana pendek, dan sandal jepit membuat kagum karena jawaban tepat atas setiap pertanyaan hitung-hitungan.
Ini dia video pada saat Ulcok mempertontonkan kemampuannya menjawab serangkaian perhitungan di kantor redaksi Tribun Timur.
Mari saksikan videonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *