Kota ini Tidak Dapat Sinar Matahari Selama Setengah Tahun, Mereka Membuat Matahari Buatan

Image source: Amusing Planet
Hotmagz – Taukah anda bahwa di dunia ini terdapat sebuah wilayah yang seakan-akan berada dalam kegelapan abadi. Wilayah ini secara rutin kurang lebih setengah tahun tak mendapat sinar matahari, nama wilayah tersebut adalah Rjukan.
Rjukan merupakan sebuah kota kecil di Norwegia. Kota ini terletak di sebuah lembah yang dalam pada kaki Gunung Gaustatoppen. Kota ini memang memiliki lereng pegununungan yang curam, sehingga menghalangi sinar matahari yang menerangi wilayah tersebut. Rjukan tak mendapat sinar matahari sama sekali setiap tahunnya mulai bulan September sampai Maret.
Coba anda bayangkan, bagaimana rasanya bila hampir setengah tahun tak merasakan cahaya matahari. Kira-kira bagaimana ya rasanya? 
Image source: Amusing Planet
Beruntung pada tahun 2013 yang lalu Kota Rjukan sudah tak lagi diselimuti kegelapan, mereka juga bisa menikmati cahaya mentari pada periode kegelapan itu. Ini berkat bantuan investasi publik dan sponsor swasta, maka pihak berwenang setempatpun berhasil menginstalasi matahari buatan dilereng pegunungan.
Proyek untuk menciptakan matahari buatan ini disebut ‘The Mirror Project’, yang merupakan matahari buatan berupa cermin raksasa. Proyek ini memiliki tiga papan cermin heliostatic besar yang ditempatkan di lereng pegunungan tepatnya di ketinggian 450 meter di atas alun-alun kota.
Image source: Gizmodo
Image source: Gizmodo
Pergerakan cermin raksasa ini dikendalikan melalui komputer sehingga bisa diatur untuk bekerja menangkap sinar matahari yang kemudian diarahkan ke town square Kota Rjukan. Cermin ini mampu melacak dan bergerak mengikuti gerakan matahari di langit, efeknya sinar pantulan dari cermin mampu membuat daerah Rjukan bisa menikmati sinar mentari sepanjang hari.

Image source: Amusing Planet

Image source: Amusing Planet

Image source: Amusing Planet

Image source: Amusing Planet

Terima kasih telah membaca artikel tentang sinar matahari buatan. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *