5 Petinju Wanita yang Paling Tangguh

Posted on

5 Petinju Wanita yang Paling Tangguh. Olahraga tinju sepertinya sudah kadung dianggap sebagai olahraga nya para pria. Dilakukan oleh pria, dan penontonnya pun kebanyakan adalah pria. Namun bukan berarti para petinju wanita kehilangan pamornya.

Pada tahun 1876, wanita memang dilarang bertinju oleh sebagian besar organisasi olahraga sampai akhir tahun 1980-an. Dan pada tahun 1988, Swedia mencabut larangan wanita menjadi petinju amatir di negaranya.

Negara-negara lain seperti Amerika kemudian mengikuti langkah tersebut, dan puncaknya debut tinju wanita berhasil mewarnai Olimpiade 2012.

Setidaknya ada lima sosok petinju wanita dengan keahlian dan kekuatan yang membuat namanya disejajarkan dengan petinju pria. Siapa saja?

1. Mia ST John

Mia ST John

Memulai karier di ring tinju profesional pada 1997, Mia langsung mencuri perhatian kala memukul KO lawannya di 54 detik.

2. Ann Wolfe

Ann Wolfe

Memulai karier sebagai atlet basket, tak ada yang menyangka bahwa atlet yang merasakan kompetisi di NCAA pada tahun 1995 ini akhirnya berakhir sebagai petinju wanita.

Rasa penasaran Ann atas olah raga tinju membawanya mulai coba-coba dan berakhir dengan memutuskan memulai karier secara serius di ring tinju pada 1998. Puncak karier Ann ialah pada 2004 kala ia masih berlaga di kelas bulu.

Ia memukul musuhnya kala itu, Vonda Ward dalam 68 detik pertama. Saat itu, Vonda sampai tak sadarkan diri dan harus dirawat selama beberapa hari.

Ann pensiun dengan rekor 24-1, dengan satu kali kekalahan atas aksi balas dendam lawannya.

3. Christy Martin

Christy Martin

Petinju asal Irlandia ini mengawali kariernya pada 1996, dan pamor dengan julukan ‘the coal miner’s daughter’. Bejibun penghargaan telah diraih oleh Christy sebelum akhirnya ia takluk di ronde ketujuh oleh Mia St John.

Christy pensiun dengan mencetak rekor 49-7-3 termasuk 31 KO.

4. Regina Halmich

Regina Halmich

Regina adalah salah satu legenda sekaligus pionir petinju wanita. Kariernya sendiri bermula pada 1994 dan pensiun pada 2007 silam.

Petinju asal Jerman ini tergabung dalam Women’s International Boxing Federation dan termasuk dalam jajaran petinju wanita terkaya. Namanya sangat populer di Eropa dan kerap menyita perhatian para penonton untuk melihat laganya.

5. Lucia Rijker

Lucia Rijker

Nama Lucia Rijker menjadi petinju pertama yang tergabung dalam Boxing Hall of Fame pada 2009. Kariernya bermula pada 1996 dan pensiun di tahun 2004 dengan catatan tak terkalahkan.

Rekornya adalah 17-0 termasuk 14 KO. Ia juga menguasai kick boxing, Muay Thai dan sempat berlaga di dua cabang olahraga tersebut. Tidak heran kan kalau ia dijuluki ‘The Most Dangerous Woman in The World’.

sumber : http://klikseru.com/5-petinju-wanita-paling-tangguh-hati-hati-kena-pukul/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.