Ada Jejak Langkah Tuhan Di Padang Rumput Ini

Posted on
(c) amusingplanet.com 

Ada yang unik di padang rumput ini yang menimbulkan rasa penasaran. Padang rumput ini sangat unik dikarenakan ada banyak sekali daerah tandus yang membentuk lingkaran yang tidak ditumbuhi tumbuhan di padang rumput ini.

Situs AmusingPlanet memberitakan, wilayah tandus yang berbentuk lingkaran ini bisa ditemui di hamparan padang rumput seluas 160 km. Sedangkan di daerah lain, Angola, wilayah tandus ini memenuhi sekitar 2.400 km. daerah-daerah tersebut termasuk daerah yang sulit dijangkau karena berjarak ribuan kilometer dari pemukiman penduduk. Sebenarnya fenomena ini sudah ada sejak tahun 1971, tapi sampai sekarang belum ada penjelasan yang memuaskan dari para ahli yang menelitinya.

Orang Himba yang merupaan penduduk asli di wilayah tersebut menyatakan bahwa lingkaran itu disebabkan oleh ulah seekor naga yang tinggal di dalam bumi dan menyemburkan bulatan-bulatan api sehingga tanahnya menjadi tandus dan tidak dapat ditumbuhi rumput atau tumbuhan. Beberapa orang juga menduga hal itu karena adanya rayap di dalam tanah, yang lain menyebutkan karena adanya zat radioaktif dan berbagai macam dugaan lainnya.

Fairy Circles Jika Dilihat Dari Atas (c) AmusingPlanet.com

Norbert Juergens, Seorang profesor biologi dari Jerman juga sedang menyelidiki kasus yang sering disebut fairy circles atau lingkaran peri ini. Sang Profesor menyatakan bahwa fenomena tersebut adalah ulah rayap-rayap yang ditemukan di hampir 100% fairy circles. Menurut teorinya, rayap-rayap itu memakan rumput-rumput hingga membentuk daerah lingkaran, sehingga air dalam tanah berkumpul di pinggir2 lingkaran dan menghidupi rumput-rumput di situ yang akan menjadi persediaan makanan rayap.

Namun teori ini diperdebatkan oleh ahli biologi lain dari Florida yang bernama Walter R. Tschinkel. Menurutnya, jika memang seperti penjelasan Juergens, rayap-rayap itu pasti akan meninggalkan jejak, sedangkan di sana tanahnya tetap mulus tanpa ada jejak apapun. Tapi hal tersebut kemudian ditanggapi oleh Juergens bahwa rayap yang dimaksud adalah jenis rayap yang berada di dalam tanah dan tidak membuat sarang di atas tanah. Tapi apapun dugaan mereka.

Fairy Circles Jika Dilihat Dari Dekat (c) AmusingPlanet.com

Nampaknya para ilmuwan itu harus lebih keras lagi dalam menemukan penyebab fenomena alam ini. Tapi apapun yang ditemukan nanti, orang-orang Himba percaya bahwa lingkaran tandus itu adalah jejak langkah Tuhan.

Sumber vemale.com/ragam/39399-ada-jejak-langkah-tuhan-di-padang-rumput-ini.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.