Inilah Perpustakaan yang tidak memiliki Buku

Posted on

Inilah Perpustakaan yang tidak memiliki Buku. Apa yang terselip di benak anda ketika mendengar kata Perpustakaan ? Jawabannya rata-rata adalah Buku. Ya, memang perpustakaan identik dengan buku, namun apa jadinya jika ada perpustakaan yang tidak memiliki buku ?

Mau tak mau, kehadiran buku secara fisik semakin lama akan tergantikan dengan bentuk lain seiring dengan kemajuan teknologi. Tahun ini, San Antonio Bexar County akan menjadi rumah bagi BiblioTech, perpustakaan umum pertama tanpa buku.

Bukannya tak ada sama sekali, buku tentu tetap ada tapi dalam bentuk e-book. Seorang hakim di Bexar County, Nelson Wolff, mengaku terinspirasi untuk mengadakan proyek ini setelah membaca biografi Steve Jobs. Ruang perpustaan itu nantinya akan memiliki lorong yang dipenuhi komputer dan gadget. Akan ada 100 e-reader, kemudian 50 e-reader untuk anak-anak, 50 komputer, 25 laptop, dan 25 komputer tablet.

perpus tanpa buku

Di perpustakaan ini, pengunjung bisa membaca buku apa pun melalui salah satu perangkat di perpustakaan, bahkan mentransfernya ke parangkat mereka sendiri. Perpustakaan juga akan bermitra dengan penyedia e-book atau distributor untuk menyediakan akses ke lebih dari 10.000 judul buku. Harapannya adalah untuk menambah koleksi setiap tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.