Ketika Tikus Menjadi Pelacak Ranjau yang Handal

Posted on

Ketika Tikus Menjadi Pelacak Ranjau yang Handal. Jika biasanya hewan yang banyak membantu polisi dalam menjalankan tugas adalah anjing, namun sebuah percobaan kini dilakukan di afrika, ketika Tikus yang dijadikan hewan pintar ini. Ya, Tikus, hewan yang meiliki indera penciuman yang sangat tajam, dengan posisi hidung yang amat dekat dengan tanah, diharapkan tikus dapat mengungguli anjing pelacak. Di NGO Belgia APOPO, Moreogoro Tanzania ini melatih beberaapa tikus tikus dari Afrika untuk membantu operasi militer sebagai pelacak ranjau. Tikus hewan yang berukuran mini dengan bobot sekitar 1kg ini dilatih untuk melacak bahan peledak TNT.

tikus2

Pelatihan tikus-tikus pelacak ini dikembangkan oleh Universitas Sokoine dimulai semenjak tahun 2000, Tikus Pelacak ranjau pertama terlahir pada tahun 2006, Tikus-tikus ini berhasil menyelesaikan misinya dan membersihkan Ranjau-ranjau di Mozambik. Dalam misi mozambik tikus-tikus pelacak ranjau ini sudah menyisir lebih dari 6,5juta meter persegi medan ranjau, dan menemukan lebih dari 2000 ranjau, 1000bom yang tidak meledak, dan lebih dari 12000 senjata apai beserta amunisinya.

tikus1

Saat ini tikus-tikus pelacak ranjau yang dilatih di Tanzania ini juga dikirm ke beberapa Negara konflik lain seperti Angola, Thailand, Kamboja sebagai tikus pembersih ranjau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.