10 Perpustakaan Terunik Di Dunia

Posted on

1. Perpustakaan Pantai

Herman Kompernas membangun sebuah perpustakaan di tepi pantai Bulgarian Black Sea Albena. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 2500 buku dalam 10 bahasa yang berbeda. Pengunjung diundang untuk meminjam buku-buku secara gratis dan meninggalkan buku-buku mereka yang tidak terpakai untuk dibaca oleh orang lain. Perpustakaan ini menjadi perpustakaan paling santai di seluruh dunia.

2. Perpustakaan di Bus Umum

Kolektor bus di Brazil bernama Antonio da Conceição Ferreira, terinspirasi oleh kekasihnya untuk mengubah sebuah bus yang dia kendarai menjadi perpustakaan kecil. Awalnya terdapat 15 buku di perpustakaan ini dan Antonio meminjamkan buku-buku tersebut ke penumpang bus nya. Selain membantu mengurangi kebosanan di perjalanan, perpustakaan ini membantu orang-orang untuk lebih membudayakan membaca. 

3. Perpustakaan di Kotak Pos

Ide membangun perpustakaan ini adalah membuat perpustakaan yang menyenangan untuk semua orang. Orang dapat membaca buku tanpa harus memikirkan biaya sewa, kartu perpustakaan, denda keterlambatan pengembalian, dsb. Orang-orang dapat membaca tanpa mengeluarkan biaya. Terdapat 300-400 perpustakaan kecil ini di 24 negara, jika anda ingin mencari tahu dimana lokasi perpustakaan ini, anda dapat mencarinya di website littlefreelibrary.org.  

4. Perpustakaan di Pos Telepon Umum

Perpustakaan unik ini terdapat di Westbury-sub-Mendip, jam operasionalnya sepanjang hari dan memiliki lampu di dalamnya untuk membaca pada malam hari. Secara berkala, petugas akan mengecek dan melihat buku-buku mana yang sering dibaca, membawanya ke toko amal lokal, dan menggantinya dengan buku yang baru. 

5. Perpustakaan Keledai

Pada tahun 2009, di bukit Trujillp, Venezuella, Universitas Valle del momboy memulai pelayanan yang unik, yaitu perpustakaan keledai. Perpustakaan berjalan ini mengirimkan buku-buku untuk dibaca anak-anak petani di daerah sekitar.

6. Booth Perpustakaan

Perpustakaan ini terdapat di New York, didesain oleh Stereotank yang berkolaborasi dengan Arsitek New York. 

7. Perpustakaan di Ruang Terbuka

Perpustakaan ini dibangun pada tahun 2012 oleh seniman bernama Massimo Bartolini di Belgia. 

8. Perpustakaan Berbentuk Buku

9. Perpustakaan di Mobil Perang

Perpustakaan ini dikenal dengan nama “Arma De Instruccion Masiva”, dibangun oleh Raul Lemesoff, seorang seniman yang terkenal. 

10. Perpustakaan Berjalan “Biblimotocarro”

Antonio La Cava, pensiunan guru sekolah di Italia, memutuskan setelah 42 tahun mengajar, dia dapat lebih menyebarkan gaya hidup membaca kepada anak-anak. Maka pada tahun 2003, dia membuat “Bibliomotocarro”, sepeda motor yang sudah dimodifikasi dan di dalamnya dilengkapi buku yang jumlahnya lebih dari 700 buku. 

Terima kasih telah membaca artikel tentang ruang perpustakaan terunik. Apabila artikel ini bermanfaat silakan dibagikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.