Desa Unik, Anak Wanita di desa ini harus menikah dengan Pilot

Posted on

Desa Unik, Anak Wanita di desa ini harus menikah dengan Pilot. Sebuah ikatan tali Pernikahan yang didasarkan pada perjodohan oleh orangtua seperti Siti Nurbaya ternyata bukan sekadar dongeng semata. Di sebuah Dusun di Sulawesi Selatan, hal ini masih berlaku bagi anak-anak gadis di dusun Pangkep ini.

Bahkan, gadis-gadis belia atau dibawah umur ini dinikahkan oleh para orangtua mereka sendiri. Suatu gambaran yang cukup menyedihkan, dimana saat mereka harus menuntut ilmu disekolah, mereka harus dinikahkan oleh PILOT. Mereka pun harus menurut pada calon suami pilihan orangtua mereka. Lantas bagaimana kalau tidak patuh pada jodoh yang dipilihkan orangtua?

dusun unik

Seorang ibu rumah tangga yang berusia 19 tahun, mengatakan, “Konon menurut mitos yang beredar di desa ini bahwa Kalau para gadis enggak mau menikah biasanya ditakut-takuti, nanti kamu enggak laku-laku, atau akan jadi perawan tua.”ujarnya. Ia sendiri dinikahkan oleh orang tuanya pada usia 15 tahun

Ketika ditanya apakah dia saat itu memang tidak suka kepada pria pilihan orangtua, Halima langsung mengangguk-angguk. “Ya, enggak berani melawan orangtua,”.

Ibu muda yang kini sudah mempunyai satu anak itu bertutur, gadis-gadis seusianya saat itu hanya bisa menikah dengan “pilot” alias pilihan orangtua.

“Dia mah, masih mending. Nikahnya sudah usia 15. Saya dulu lulus SD langsung dikawinin,” kata seorang ibu-ibu lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.